Tips Memotret Foto Panning Untuk Pemula

Tips Memotret Foto Panning Untuk Pemula

Jika berbicara fotografi maka tidak akan pernah ada habisnya. Dan salah satunya adalah foto panning. Pada umumnya jenis yang satu ini sering sekali dipakai untuk foto news seperti olahraga. Akan tetapi buat anda yang ingin menambah mencobanya, maka anda juga bisa melakukannya. Tentu saja untuk mengambilnya tidaklah mudah. Dimana dibutuhkan sejumlah tips memotret foto panning yang benar. Apalagi jika anda seorang pemula.

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang panning. Maka anda perlu ketahui bahwa teknik ini intinya adalah untuk mengambil objek yang bergerak dimana dengan cara menggarakan kamera searah dengan gerakan objek. Kemudian tetunya panning itu identik dengan latar belakangnya blur. Nah buat anda yang penasaran ingin belajar teknik yang satu ini. Maka anda simak aja langsung dibawah ini.

Ulasan Tips Memotret Foto Panning

Tidak Gunakan Tripod

Tips Memotret Foto Panning Untuk Pemula

Tips memotret foto panning yang pertama adalah tidak perlu menggunakan tripod. Sehingga ketika anda ingin belajar ini, maka tidak perlu anda membawa atau membeli tripod yang mahal. Jadi anda cukup membawa kamera dslr anda dan juga baterai kamera cadangan. Karena untuk bisa mendapatkan yang tepat, maka diperlukan beberapa pengambilan. Akan tetapi jika anda ingin memakai monopod, itu bisa anda lakukan juga.

Setting Kamera

Tips Memotret Foto Panning Untuk Pemula

Kedua tips memotret foto panning adalah setting kamera. Bisa dibilang ini sangat penting dan bagi anda seorang pemula. Maka anda harus benar-benar menyimaknya dengan sangat baik. Jadi pada umumnya settingan panning itu anda menggunakan mode S atau TV. Kemudian untuk shutter speed, maka anda bisa gunakan 1/30 sampai 1.8. Perlu anda ketahui bahwa semakin cepat shutter speednya, maka detail backgroudnya akan semakin jelas untuk di hasilkan. Setelah itu anda bisa setting ISO nya yang benar-benar paling rendah yakni 100. Jika anda penggunan Canon maka anda mengatur AF Mode nya Al Servo dan Nikon, maka anda bisa pindah ke AF- C.

Pilih Objek – Tips memotret teknik panning

Tips Memotret Foto Panning Untuk Pemula

Jika sudah melakukan settingan dengan sangat baik. Maka tips berikutnya adalah anda memilih objek. Mungkin buat anda para pemula sering menyepelekan hal ini. Padahal ini sangat penting juga. Jadi yang anda harus perhatikan adalah anda memilih objek yang bergerak dan juga mempunyai latar belakangnya yang benar-benar cerah. Bila perlu anda mencari latar yang warnanya menarik. Sehingga gambar yang di hasilkan bagus. Kemudian yang harus anda lakukan adalah anda arahkan kamera anda kepada objek tersebut dan kemudian anda pencet tombolnya dengan tepat.  Ingat foto panning yang mendadak itu bisa mengakibatkan hasil foto yang nantinya tidak akan menarik.

Jangan Menyerah

Dan yang terakhir adalah jangan pernah menyerah. Maksundya disini adalah ketika anda seorang pemula fotografi dan ingin belajar teknik ini. Maka anda harus mencobanya terus. Jadi apabila di jpretan pertama tidak memuaskan atau jelek. Anda sebagai pemula harus tetap semangat untuk mengambil gambarnya. Jika yang kedua juga masih jelek. Cobalah anda istirahat sejenak dan sambil anda setting ulang atau mencoba latar yang belakang. Jika semuanya sudah dilakukan, barulah anda mencoba mengambl gambarnya lagi. Ingat untuk belajar fotografi teknik ini anda juga harus benar-benar sabar.

Itulah sejumlah cara yang benar ketika anda ingin belajar atau ingin memotret teknik panning. Semoga dengan apa yang dibagikan ini dapat menambah wawasan anda dan semoga anda bisa berhasil melakukannya dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *