Tips Memotret Budaya Tradisional Indonesia

Tips Memotret Budaya Tradisional Indonesia

Indonesia merupakan negara yang mempunyai berbagai aneka ragam budaya. Dari Sabang sampai Marauke mempunyai kebudayaan yang beda, akan tetapi tetap satu yakni Indonesia. Buat anda yang mempunyai hobi fotografi tentunya bosen dong dengan objek yang itu-itu saja dan jika anda ingin mencoba yang lain ngak ada salah anda mencoba foto keragaman buadaya negara sendiri. Bisa dibilang ini peminatnya masih sedkit, tetapi lumayan lah untuk menambah portopolio anda. Namun untuk bisa mengambilnya maka anda harus memperhatikan beberapa tips memotret budaya tradisional Indonesia.

Karena jika anda mengambil asal-asalan tentu saja hasilnya sangat jelek. Bahkan anda bisa saja lho di anggap menghina dari kebudayaan tersebut. Nah buat anda yang mencobanya jangan takut. Karena dalam kesempatan ini kami akan membagikan sejumla cara yang benar-benar jitu agar anda bisa mendapatkan hasil yang sangat baik saat memotret budaya Indonesia. Penasaran tipsnya seperti apa? Cus simak aja langsung dibawah ini.

Ulasan Tips Memotret Budaya Tradisional

Setting Kamera

Tips Memotret Budaya Tradisional Indonesia

Pertama tips memotret budaya tradisional Indonesia yang pertama adalah setting kamera. Mungkin hal ini terlihat sepele ya. Karena pasti anda berpikir sehrusnya ini tidak perlu lagi dimasukan ke dalam tips. Tetapi untuk yang satu sangat penting lho. Karena jika anda tidak melakukan persiapan dengan baik, mak anda tidak akan bisa mendapatkan momen yang baik. Apalagi keragaman budaya yang hanya seharian penuh saja, jadi ada baiknya anda harus tetap memperhatikan seperti iso, shutter speed dan juga arparturenya. Jika ketiganya itu anda masih salah, maka hal ini jelas akan merugikan anda lho.

Pahami Subyek

Tips Memotret Budaya Tradisional Indonesia

Kedua tips memotret budaya tradisional Indonesia adalah anda harus memahami subyeknya. Maksundya disini adalah sebelum anda melakukan penjepretan. Maka ada baiknya anda lebih dulu bertanya atau membaca buku referensi dari buku tentang kebudayaan tersebut. Dan anda harus mengetahui dengan baik apa yang boleh di ambil gambarnya dan juga tidak boleh. Misalnya anda ingin mengambil foto upcara adat di Bali. Maka tentunya tidak bisa semuanya anda ambil. Karena memang ada beberapa bagian atau prosesi yang di anggap sakral.

Pendekatan Personal

Selanjutnya adalah anda harus melakukan pendekatan personal. Bisa dibilang ini ada kaitannya juga dengan yang kedua. Jadi maksudnya disini adalah sebelum acara tersebut dimulai ada baiknya anda datang lebih cepat di lokasi dan kemudian anda bersosialisai dengan linkungan di sekitar atau anda bertanya dengan pihak acara. Jika semuanya anda telah melakukannya dengan baik. Maka barulah anda bisa memulai memotret dan pastinya anda juga harus mengambol berhati-hati. Maksudnya jangan sampai menganggu proses acara berlangsung. Karena biasanya akan ada saja orang yang merasa risih atau terganggu dengan bunyi kamera atau flash yang anda gunakan.

Cari Angle Yang Tepat – Tips memotret budaya tradisional

Tips Memotret Budaya Tradisional Indonesia

Dan yang terakhir yang anda harus lakukan anda mencari angle yang tepat. Karena dengan anda mendapatkan spot yang bagus, maka hasil jepretan anda pun nantinya akan sangat bagus. Dimana hal ini jelas apa yang anda inginkan.  Ingat disini lah anda juga harus memainkan kreativitas anda sebagai seorang fotografer. Karena biasanya acara budaya itu tempat sempit. Tapi anda juga bisa mendapatkan keberuntungan apabila acara budayanya di adakan di tempat terbuka. Nah jadi itulah sejumlah tips yang benar dalam memotret kebudayaan. Semoga dengan apa yang dibagikan dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *