Istilah Dasar Dalam Fotografi Yang Perlu Diketahui

Istilah Dasar Dalam Fotografi Yang Perlu Diketahui

Fotografi merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan dan mengasyikan. Dimana dengan fotografi, maka anda pun bisa mendapatkan sebuah penghasilan yang tetap. Apalagi, di era saat ini tempat wisata dan acara lainnya harus sering di dokumentasikan dengan sangat baik. Akan tetapi tidak semuanya lho memahami dengan baik istilah dasar dalam fotografi.

Jika anda tidak mengetahuinya dengan sangat baik, maka hal ini akan sangat merugikan anda. Karena tanpa memahami istilahnya, maka anda pun nantinya akan kesulitan dalam melakukan pemotretan. Nah buat anda yang belum paham, maka anda tidak perlu khawatir. Karena dalam kesempatan ini kami akan membagikan sejumlah istilah penting dalam dunia fotografi yang mana anda  harus ketahui. Dan buat anda yang penasaran, mending anda simak aja langsung dibawah ini.

Ulasan Istilah Dasar Dalam Fotografi

Istilah Dasar Dalam Fotografi Yang Perlu Diketahui

Bukaan, Diafragma

Istilah dasar dalam fotografi yang pertama adalah bukaan atau biasa disebut diafragma. Dimana ini merupakan sebuah fungsi untuk menangkap intensitas vahaya yang nantinya bakal masuk ke dalam kamera anda. Jadi intinya adalah semakin besar bukaan lensa anda, maka akan semakin besar juga untuk menangkap cahayanya. Dan hal ini nantinya akan sangat berpengaruh pada ruang tajam gambar atau biasa yang disebut dengan Depth of Field.

Speed

Kedua istilah dasar dalam fotografi lainnya adalah speed. Jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah sebuah kecepatan. Jadi Speed adalah sebuah kecepatan kamera saat menangkap sebuah gambar. Dan menariknya speed bisa dirubah sesuai kemauan anda dan yang terpenting adalah untuk kebutuhan objek yang anda foto. Jadi jika semakin cepat speed yang diatur, maka foto pun akan semakin terlihat beku. Nah begitu pun juga sebaliknya. jika semakin lambat speed kamera tersebut, maka hal ini bisa menyebabkan gambar menjadi blur. Dan jika ini terjadi jelas bukanlah yang anda inginkan. Jadi untuk para pemula anda harus benar-benar memperhatikannya dengan sangat baik.

DOF

Kemudian yang berikutnya adalah Dof. Dimana ini merupakan sebuah istilah yang mana di artikan sebagai ruang tajam pada sebuah hasil foto. Maksudnya ketajaman disini adalah berupa fokus dan juga blur. Jadi DOF itu ditentukan oleh sebuah faktor bukaan, diafragma atau juga sebuah aperture. Jika semakin besar diafragma yang anda gunakan, maka nantinya akan semakin kecil ketajamannya dalam sebuah foto yang nantinya anda akan abadikan. Untuk itu anda harus benar-benar melakukan setting yang sangat baik, jika anda tidak ingin hasil fotonya menjadi buruk.

ISO

Dan yang selanjutnya adalah ISO. Mungkin buat anda para pecinta fotografi, maka hal ini sudah sangat familiar banget. Dimana fungsi dari ISO adalah untuk mengatur tingkat pencahayaan. Jadi apabila semakin besar angka pada ISO, maka hal ini akan membuat sensitive dalam menangkap sebuah pencahayaan. Akan tetapi efeknya adalah akan timbul sebuah noise pada foto yang di hasilkan. Jika hal ini terjadi pada diri anda tentu saja sangatlah tidak menyenangkan.

Mode Dial – Istilah dasar dalam fotografi

Terakhir adalah mode dial. Ini adalah sebuah mode yang mana untuk melakukan pengaturan. Tercatat model dial itu ada 5 jenis dalam sebuah kamera digital. Dimana pastinya mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Akan tetapi kebanyakan orang hanya sering memakai 2 yakni manual dan auto. Dimana keduanya mode dial yang paling mudah untuk digunakan. Jadi itulah sejumlah istilah yang perlu anda ketahui dalam fotografi. Semoga dengan apa yang dibagikan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *