Tips Jitu Meningkatkan Skill Food Photography Biar Makin Ikonik

Tips Jitu Meningkatkan Skill Food Photography Biar Makin Ikonik

Memang dalam seni fotografi dibutuhkan beberapa teknik atau unsur untuk membuat hasil foto anda semakin bagus. Hal itu bukan hanya untuk foto pemandangan atau objek tertentu saja, melainkan juga untuk food photography. Food photography sendiri adalah seni fotografi yang menggunakan makanan sebagai salah satu objek foto. Memang terlihat mudah untuk menjadi seorang food photography, padahal kenyataannya tidak semudah seperti kelihatannya. Karena anda harus selalu membuat makanan yang ingin difoto agar terlihat fresh dan enak. Nah disitulah dibutuhkan tips jitu meningkatkan skill food photography anda, agar orang yang melihat juga tertarik untuk mencoba makanan tersebut.

Untuk itu tanpa berlama-lama lagi akan kami bahas mengenai tips jitu meningkatkan skill food photography untuk bisa menghasilkan foto makanan yang keren. Berikut ini ulasannya:

Tips Jitu Meningkatkan Skill Food Photography

1. Gunakan Porsi Makanan Yang Lebih Sedikit

Dalam seni memotret sebuah makanan tentu harus dengan porsi yang lebih sedikit, jangan dengan porsi yang banyak. Karena akan mengurangi esensi kenikmatan dari makanan tersebut dan cenderung malah membuat tidak menarik untuk di lihat. Biasakanlah berpikir seminimalis mungkin untuk menciptakan sebuah foto yang bagus.

Dengan porsi makanan yang lebih sedikit, tentu anda bisa memberikan sedikit ruang lebih bagi orang untuk melihat komponen makanan yang ada di dalam foto anda tersebut. Tetapi harus diingat, jangan terlalu banyak menambahkan komponen lain dalam makanan tersebut. Seperti daun seledri yang terlalu banyak atau komponen yang lainnya. Agar foto anda terkesan sederhanan tetapi menarik untuk dilihat dan tentu saja membuat orang ingin mencicipinya.

2. Tambahkan Sedikit Properti Agar Terlihat Lebih Menarik

Tips jitu meningkatkan skill food photography (3)

Tips selanjutnya yaitu dengan menambahkan sedikit properti agar foto makanan anda terlihat lebih menarik. Properti itu bisa berupa piring yang bentuknya unik, sendok, alas makan, background foto atau komponen lainnya sesuai dengan kreativitas anda masing-masing.

Percayalah tips ini akan membuat makanan anda lebih menarik untuk dilihat dan tentunya meningkatkan kualitas foto makanan anda. Properti itu sebenarnya tidak harus yang mahal-mahal, bisa juga yang murah tetapi mempunyai keunikan tersendiri. Explore your creativity!

3. Biarkan Makanan Tumpah Secara Natural

Tips jitu meningkatkan skill food photography (1)

Hal yang berbau natural atau alami selalu bisa menambahkan kualitas gambar anda semakin bagus dan hal itu berlaku juga untuk food photography. Semakin natural atau alami foto makanan anda tentu akan semakin menarik untuk dilihat. Contohnya seperti foto es krim dengan lumeran coklat yang meleleh, atau foto makanan dengan keju mozarella yang luber.

Atau bila anda memotret minuman seperti minuman dingin Cara ini biasanya sangat ampuh untuk menggoda orang yang melihat foto anda.

4. Gunakanlah Angle atau Sudut Yang Berbeda-Beda

Tips jitu meningkatkan skill food photography (4)

Dalam food photography biasanya kita akan selalu melihat angle atau sudut yang sama. Hal itu bukan berarti membuat anda tidak boleh menggunakan angle yang sama, tetapi cobalah untuk berani untuk bereksperimen dengan pengambilan angle yang berbeda. Jangan hanya fokus pada satu angle saja, tentu itu akan menambah plus untuk foto makanan anda.

Baca Juga: Tips Memotret Milky Way Bagi Pemula

5. Gunakanlah Pencahayaan Yang Tepat

Tips jitu meningkatkan skill food photography (5)

Tentu saja dalam dunia fotografi cahaya adalah salah satu elemen paling penting untuk membuat foto anda menjadi semakin bagus dan menarik. Maka dari itu anda bisa menggunakan cahaya tambahan jika memang cahaya alami yang ada masih dinilai kurang. Jika anda memotret menggunakan cahaya alami atau matahari, maka cobalah untuk menggunakan diffusor untuk meningkatkan kualitas cahaya tersebut.

Jangan pernah beranggapan bahwa cahaya adalah elemen yang tidak terlalu penting dalam memotret foto makanan. Yang perlu di ingat adalah cahaya selalu bisa membuat foto anda lebih hidup dan lebih menarik.

6. Edit Foto Agar Semakin Bagus

Tips yang terakhir adalah finishing touch atau proses editing, dimana ini adalah proses terakhir dalam sebuah fotografi. Proses ini juga termasuk yang paling penting dalam seni fotografi apapun itu. Karena itu bisa membuat foto anda lebih berwarna dan lebih hidup dibandingkan sebelumnya. Lihat lagi baik-baik foto anda, dan amati mana saja yang harus ditambahkan dan di edit ulang untuk membuat foto anda akan semakin bagus.

Nah itu saja tips jitu meningkatkan skill food photography dari kami, semoga artikel di atas bisa menambah informasi untuk anda terutama pada bidang photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *