Tips Memotret Milky Way Bagi Pemula, Para Pemburu Bintang Wajib Tau Nih

Tips Memotret Milky Way Bagi Pemula, Para Pemburu Bintang Wajib Tau Nih

Memotret alam memang mempunyai suatu ketertarikan tersendiri bagi para fotografer atau pencinta fotografi. Seperti memotret air terjun, pegunungan, pantai atau bintang-bintang yang sering disebut dengan milky way. Mungkin saat ini milky way lah yang menjadi salah satu favorit untuk dijadikan objek yang sering kali diburu para fotografer. Karena pemandangan bintang pada malam hari juga salah satu objek yang sangat indah untuk dipandang dan diabadikan. Tetapi untuk bisa memotret milky way tidak bisa sembarangan, karena ada beberapa tips memotret milky way yang harus anda pahami terlebih dahulu.

Agar bisa mendapatkan hasil foto milky way yang maksimal tentunya tips tersebut harus anda pelajari terutama bagi para fotografer pemula. Anda tidak ingin bukan jika perburuan milky way anda gagal karena anda tidak mengerti hal apa yang harus disiapkan.

Berikut ini ada beberapa tips memotret milky way untuk anda pahami agar perburuan anda tidak gagal. Simak ulasannya dibawah ini:

Tips Memotret Milky Way

1. Gunakan Aplikasi

Tips memotret milky way (1)

Pada umumnya milky way itu tidak selalu ada setiap hari dan juga tidak bisa memotret milky way dari rumah anda. Anda harus mencari tempat yang mempunyai pandangan jernih ke atas langit seperti di atas bukit atau gunung. Kesulitan selanjutnya adalah anda tidak bisa melihat dari mata telanjang kondisi bintang yang tepat dimana. Harus menggunakan aplikasi atau software yang bernama Stellarium atau Sky Guide.

Karena logikanya bumi ini selalu berputar dan posisi bintang juga akan ikut bergerak jadi posisi bintang juga tidak menentu. Maka itu dibutuhkan software khusus untuk mengetahui posisi bintang dengan tepat. Dengan aplikasi ini anda bisa mengetahui dengan jelas bintang apa saja yang terlihat di langit. Ada baiknya juga anda memotret milky way antara bulan April hingga September dari arah Selatan. Karena pada waktu tersebut posisi bintang-bintang sedang berada tepat di belakang rasi Sagitarius.

2. Perhatikan Kondisi Cuaca

Tips memotret milky way (4)

Tentu saja dalam memotret milky way anda akan menghadapi kesulitan seperti faktor cuaca yang sedang berkabut atau mendung. Selain itu juga faktor lainnya seperti terlalu banyak lampu yang ada disekitar tempat anda memotret milky way akan membuat cahaya dari bintang atau bima sakti tersebut kurang terlihat.

Maka itu sudah kami sarankan carilah tempat yang benar-benar memiliki pandangan yang bersih dari cahaya dan jauh dari polusi. Karena jelas hal tersebut akan sangat membantu anda untuk mendapatkan hasil foto milky way yang maksimal. Dan tentu saja akan membuat perburuan anda menjadi tidak sia-sia bukan?

3. Menentukan Komposisi dan Titik Fokus

Tips memotret milky way (2)

Tips memotret milky way selanjutnya adalah anda harus tahu tentang komposisi yang tepat dan juga titik fokus. Karena logikanya, objek yang akan kita foto adalah objek yang berada sangat jauh di luar bumi. Maka itu sangat disarankan untuk anda memilih pengaturan infinity di kamera anda untuk titik fokusnya. Jika kamera anda tidak mempunyai pengaturan tersebut, maka pilih saja titik fokus yang paling jauh dari kamera anda.

Jangan lupa juga untuk membawa tripod ketika memotret milky way agar tidak ada foto dengan hasil yang blur. Dan komposisinya anda bisa bereksperimen sendiri sesuai dengan selera anda tentunya.

4. Pengaturan Kamera

Tips memotret milky way (3)

Tips yang terakhir adalah coba gunakan setingan diafragma antara F/2.8 hingga F/3.5. Sedangkan shutter speed, pilihlah kecepatan paling rendah dari lensa yang anda pakai, saran kami jangan sampai melebihi angka 30. Jika anda menggunakan shutter speed di atas angka 30, maka akan menghasilkan foto milky way yang tidak pas.

Untuk format gambar maka lebih baik pilih dengan format RAW karena hasilnya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan format JPEG. Dengan format RAW tentu juga memudahkan anda untuk melakukan proses editing tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut. Gunakan juga ISO tertinggi untuk kualitas yang lebih bagus.

Nah jika sudah membaca artikel diatas tentang tips memotret milky way, apa anda sudah siap melakukan perburuan milky way? tentu saja siapkan juga fisik anda, karena biasanya untuk memotret milky way anda harus rela berjalan kaki lumayan jauh dari biasanya. Tetapi tentu saja semua itu akan terbayarkan jika sudah melihat milky way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *