5 Tips Foto Outdoor Untuk Pemula Biar Gak Kagok Lagi

5 Tips Foto Outdoor Untuk Pemula Biar Gak Kagok Lagi

Jika dilihat perkembangan fotografi saat ini sangatlah pesat, hal itu dibuktikan dengan semakin canggihnya fitur kamera untuk memotret suatu objek. Hampir semua distributor kamera berlomba-lomba untuk mengeluarkan fitur tercanggih dari produk mereka. Tetapi perkembangan teknologi tersebut tidak akan berjalan baik jika tidak diimbangi dengan kemampuan memotret anda. Apalagi anda harus senang dengan kegiatan traveling, tentu saja ilmu fotografi harus anda kuasai. Sudah banyak juga tips foto outdoor untuk pemula yang bisa anda pelajari dan praktekkan.

Tentu jika anda sudah mengerti teknik-teknik dasar fotografi diluar ruangan hal itu akan menjadikan foto anda semakin bagus. Setiap mengelilingi tempat tertentu anda sudah tidak kagok lagi untuk mensetting kamera anda untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Maka dari itu simaklah ulasan singkat tentang 5 tips foto outdoor untuk pemula yang bisa langsung dipraktekkan.

5 Tips Foto Outdoor Untuk Pemula

1. Hindari Sinar Matahari Di Siang Hari

Tips foto outdoor untuk pemula (5)

Memang pada dasarnya sinar matahari sangat bagus sebagai pencahayaan alami atau natural dalam membantu mengambil foto. Tetapi tidak pada jam-jam tertentu, seperti sinar matahari di siang hari yang sedang terik-teriknya. Disaat itu matahari akan berada tepat di atas kepala anda dan memberikan cahaya yang paling terang.

Kamera anda nantinya akan terpapar cahaya yang terlalu keras dari sinar matahari tersebut. Cahaya yang kuat tersebut juga biasanya dibarengi dengan bayangan yang cukup tajam. Tetapi ada tips untuk mengakali hal tersebut jika anda memang harus benar-benar mengambil foto pada siang hari. Caranya adalah dengan berdiri di tas bayangan anda, cara ini biasanya akan menciptakan efek dramatis pada hasil foto anda.

2. Selalu Gunakan Format RAW

Tips foto outdoor untuk pemula (2)

Tips selanjutnya adalah dengan mengatur kamera anda untuk mengambil gambar dalam format RAW. Format seperti ini sangat membantu anda untuk melihat versi foto yang belum termodifikasi sama sekali. Foto dalam format RAW juga memiliki banyak sekali jumlah piksel jika dibandingkan dengan format foto menggunakan JPEG.

Memang sudah pasti foto dengan format RAW akan lebih banyak memakan memori kamera anda. Tetapi hal itu sangat worth it apabila anda ingin mencari hasil yang bagus, apalagi ditambah dengan proses editing. Hasilnya akan semakin menakjubkan tentunya.

3. Fokus Pada Mata Ketika Memotret Orang

Tips foto outdoor untuk pemula (3)

Untuk fotografi outdoor sebenarnya bukan hanya tentang pemandangan saja, tetapi bisa juga anda memotret orang dengan pemandangan di luar ruangan. Pointnya adalah ketika anda memotret objek yang bergerak atau model di luar ruangan, maka anda harus fokus pada bagian mata mereka. Apalagi jika anda mengambil foto tersebut dalam bentuk potrait.

Faktanya adalah mata merupakan elemen paling tajam dari wajah seseorang. Maka itu ketika anda fokus pada bagian mata seseorang tersebut, maka secara tidak langsung lensa akan menerapkan teknik bokeh pada backgroundnya.

4. ISO Serendah Mungkin

Tips foto outdoor untuk pemula (1)

Tentu saja jika anda memotret di luar ruangan, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah pengaturan ISO dari kamera anda. Karena jumlah ISO pada kamera sangat berkaitan dengan sensitivitas cahaya yang masuk ke kamera. Logikanya seperti ini, jika semakin besar ISO dari kamera, maka akan semakin sedikit cahaya yang anda perlukan untuk mengambil gambar.

Sayangnya, sensitivitas tinggi terhadap cahaya dapat menyebabkan noise pada gambar yang dihasilkan. Ada baiknya, jika anda memotret diluar ruangan, usahakan untuk selalu mengatur ISO di level serendah mungkin agar tidak terjadi noise pada gambar. Tetapi bukan berarti anda tidak boleh menaikkan ISO kamera anda. Anda harus punya takaran yang tepat jika ingin menaikkan ISO kamera anda.

5. Gunakan Filter Polarisasi

Tips foto outdoor untuk pemula (4)

Nah tips yang terakhir adalah cobalah untuk menggunakan filter polarisasi jika anda memang sering melakukan aktivitas foto di luar ruangan. Alat ini memungkinkan kamera anda untuk mengambil gambar dengan membiarkan cahaya masuk pada angle tertentu. Jadi jika anda memutar filter sesuai keinginan, maka anda bisa menghilangkan silau dari sinar matahari.

Bukan hanya itu saja, filter polarisasi juga bisa menghilangkan refleksi yang muncul sewaktu anda memotret jendela, air dan objek lainnya.

Nah itulah tadi beberapa tips foto outdoor untuk pemula yang bisa langsung dipraktekkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka gunakanlah kamera terbaik dengan fitur yang canggih. Itu tentu akan sangat membantu dalam mendapatkan hasil yang baik dan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *